Kamis, 17 Oktober 2019

Ke Eropa, Berkendara Kata (2)

Tak sedikit yang tanya, kenapa bisa lolos program Residensi Penulis Indonesia dari Komite Buku Nasional dan Kemendikbud ini. Seperti apa proposal yang diajukan, dan pertanyaan lain di sekitar itu, semua terkait kelolosan saya mengikuti residensi penulisan di Belanda ini. Ya, saya jawab hampir sama. Dan jawaban awal yang saya lontarkan adalah, saya ini sepertinya hanya beruntung. Tak lebih dari itu. Bahkan mirip keberuntungan saya sebagai orang desa yang bisa pergi ke mana-mana karena mengendarai kata-kata.

Bahkan saat mendaftar pun, saya sama sekali tak yakin. Sebab saya membayangkan dan mendengar, di luar sana banyak sekali para penulis dan sastrawan-sastrawan "sangar" (besar) yang telah mendaftar. Dan saya hanya modal nekat, meski tetap saya sungguh-sungguh dalam prosesnya. Tak jarang saya bertanya sana-sini, konsultasi pula kepada beberapa kawan, terutama yang telah menjalani residensi serupa pada tahun sebelumnya. Semua itu saya simak dengan baik, segala yang tumbuh dari mulut atau dari kata-kata yang bermunculan di layar percakapan WhatsApp.

Mau bagaimana lagi, saat pengumuman siapa saja yang lolos residensi ini pun, saya sungguh kaget. Kaget pertama, nama saya muncul dalam deretan peserta residensi. Kaget kedua, ternyata total pendaftar hingga 437, dan yang lolos hanya 34 (total peserta residensi di dalam dan luar negeri), sedangkan jika yang di luar negeri saja ada 17 peserta. Lalu jika sudah begitu, apalagi kalau bukan semata-mata karena keberuntungan? Sungguh, tak lebih dari itu.

Bahkan dalam mendaftarkan diri, ini kali pertama bagi saya. Dan alhamdulillah langsung terkabulkan. Sungguh sangat tak saya sangka. Jika boleh saya menengok residensi penulisan di daerah 3T yang saya ikuti beberapa bulan yang lalu itu, saya telah mendaftar kedua kalinya. Barulah selepas pendaftaran kedua saya bisa lolos. Tahun 2018 saya mendaftar, namun tak lolos. Awalnya pun, saat mendaftar residensi ke luar negeri ini saya sempat berpikiran ini salah satu ikhtiar untuk ikut, yang utama ikut dulu. Pikir saya kala itu, daripada tidak ikut sama sekali. Setidaknya, ada ikhtiar yang patut dicatat.

Dan ada hal lain yang saya kira cukup penting serta perlu diperhatikan dalam mendaftar residensi ini. Bahkan ini pun sesungguhnya warisan dari kawan baik saya, yang telah lolos tahun lalu pada residensi serupa yang sedang saya jalani ini. Ya, kawan baik saya yang mohon maaf tak saya sebutkan namanya. Namun bolehlah jika suatu saat ingin lebih tahu, mari kita ngopi bersama, ngobrol lebih jauh, dan tentunya jika diizinkan oleh kawan saya itu, maka akan saya sampaikan siapa nama kawan baik tersebut.

Beberapa hal ini tentu agak berasa di luar ketentuan-ketentuan umum dan khusus yang diterbitkan oleh panitia. Beberapa hal tersebut di antaranya, yang pertama, proposal yang kita ajukan haruslah jelas, ingin melakukan apa, di mana, kenapa memilih itu, memilih tempat atau kota itu dan kenapa tidak yang lainnya. Lalu yang kedua, segala itu tentu yang berkait-paut dengan apa yang telah kita lakukan sebelumnya. Terkait dengan proses kreatif (penulisan karya) yang telah kita lakukan sebelumnya. Yang ketiga,  ini sesungguhnya yang paling penting. Meski kerap ini dianggap klise. Adalah doa kuat.

Kiranya itu, sebab dalam pengajuan proposal itu tak begitu panjang. Dan proposal itu pun hanya diterima panitia melalui pengisian dalam Google Formulir. Jadi, tak panjang-panjang. Tentu harus singkat, padat, dan jelas. Ini juga juga sama, bisa dianggap klise lagi rupanya.

Alhamdulillah, selepas melewati perjalanan di udara yang cukup panjang, tibalah saya di Schiphol International Airport Amsterdam Belanda. Pada Rabu, 16 Oktober 2019 pukul 13.45 waktu di Amsterdam, pesawat yang saya tunggangi mendarat. Sangat melelahkan. Sebab sebelumnya perjalanan dari Jakarta menuju Doha Qatar selama 8,5 jam. Setelah itu transit di Doha Qatar selama 18 jam. Untungnya bisa menjalani City Tour di negeri kaya Qatar selama 3 jam. Lalu ada Sleeping Room gratis bagi para pelancong yang mengikuti City Tour di Qatar.

Kemudian saya harus menunggu hingga pagi, bermalam hanya tidur sejenak-sejenak dan waktu subuh (waktu setempat) saya bangun dan berkemas untuk penerbangan selanjutnya. Selama sekitar 7 jam perjalanan dari Doha Qatar menuju Amsterdam Belanda. 

Ya, begitu melelahkan. Namun saat mendarat di tanah residensi ini, mata saya berkaca-kaca. Kembali lagi saya resapi, sangat tak terbayangkan bagi saya untuk menginjakkan kaki di jagat kincir angin ini. Bismillah. Semoga kerja residensi penulisan selama dua bulan ini berjalan lancar. Sangat diharap doa dari semua pihak. Dan tentu, terima kasih sangat untuk program Residensi Penulis Indonesia 2019 yang telah membawa saya ke Belanda. Terima kasih Beasiswa Unggulan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Komite Buku Nasional, Universitas PGRI Semarang, Jarak Dekat Kendal, serta berbagai pihak yang tak bisa saya sebut satu-satu. Salam.[]

62 komentar:

Hasan Arafat mengatakan...

Jika kita memutuskan untuk berjuang, sertai doa dan keikhlasan. Insyaallah diberikan yang terbaik.

(Hasan Arafat 1B)

Rico Setya novaldo mengatakan...

"Tidak Ada Usaha Yang Mengkhianati Hasil"
Karena,setiap manusia yang mau berusaha pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal.
(Rico Setya Novaldo 1B)

MARIUS WARKUTA mengatakan...

Pak kami anak anak mu akan doakan yg terbaik buat pak naka
Agar bisa lolos dalam perjuangannya
Dan bisa pulang lebih cepat ke indonesia
Dan bisa berkumpul bersama kami lagii
Di kampus pgri Semarang.
Tuhan berkati pak naka.... Dalam perjuangannya.

(Marius warkuta kls 1B)

YULIA SYAFITRI mengatakan...

Itu adalah hadiah untuk perjuangan bapak selama ini yang berawal dari hobi dan terus menjadi karya yang nyata. semoga bapak terus sukses dan bisa berkeliling dunia untuk membagikan ilmu dan karya bapak kepada orang-orang.

(Yulia Syafitri 1 B)

LILIK ANDRIYAN mengatakan...

Keren Pak,selamat pak Naka.
(Lilik Andriyan 1B,19410080)

Anisa Nur'aini mengatakan...

Manjadda wajadda (barang siapa yang bersungguh-sungguh dia akan berhasil). Mungkin dengan adanya pak naka disana dalam keadaan yang tidak disangka, itu semua adalah hadiah dari Allah atas usaha dan ikhtiar bapak. Semoga kami mahasiswa pak bisa mengikuti jejak pak naka, bukan hanya orangnya saja yang bisa pergi keliling dunia, tetapi terbitannya juga. Semoga sehat terus buat pak naka, dan istri tercinta yang sedang berlibur disana.


(Anisa Nur'aini 1B (19410076)

Yulia Rachmawati mengatakan...

Sukses terus Pak Naka, semoga karya-karyanya bisa bermanfaat dan bisa menginspirasi banyak orang,dan juga semoga karya-karyanya bisa mendunia. Di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin. Semua tergantung pemikiran, usaha dan doa yang kita panjatkan selama ini. Doakan kami semua ya pak, semoga kami bisa menyusul seperti Pak Naka menjadi seorang penulis hebat, yang bisa menginspirasi banyak orang melalui tulisan-tulisannya. Aamiin, sukses terus Pak Naka.
(Yulia Rachmawati. 1B. 19410100)

SUCI RAHAYU mengatakan...

Tak henti-henti nya saya kagum membaca kisah perjalanan pak naka,saya setuju sekali dengan salah satu kutipan pak naka bahwa doa itu kuat dan bahkan usahapun kurang lengkap jika tidak adanya doa yang terselip di dalam-nya,tak bisa dipungkiri semua pencapian kita selama ini ada peran doa ibu,ayah dan orang terkasih kita.

(SUCI RAHAYU 1B (19410120)

Tri Vani Winda Devi mengatakan...

Ikhtiar, kerja keras dan keberuntungan bapak membuat apa yang dulunya tidak mungkin menjadi mungkin. Dorongan dari orang terdekat membuat saya tahu bahwa itu juga merupakan kekuatan untuk terus maju. Semangat pak Naka.Karyamu inspirasi kami...

(Tri Vani Winda Devi 1B)

Diaz Parama mengatakan...

Pak Naka jangan lupa jaga kesehatan dan jangan lupa besyukur atas nikmat yang telah diberikan-Nya. semoga pak Naka selalu dalam lindungan-Nya. Amin

Diaz Parama mengatakan...

Diaz Parama berkata...
Pak Naka jangan lupa jaga kesehatan dan jangan lupa besyukur atas nikmat yang telah diberikan-Nya. semoga pak Naka selalu dalam lindungan-Nya. Amin

(Diaz Parama Arta 1B)

Reni Ulfiana Wulandari mengatakan...

Sungguh hebat Pak Naka. Banyak hal yang saya teladani dari kisah perjalanan hidup bapak, bahwa semua itu tidak ada yang tidak mungkin. "Kun Fayakun", jika Allah sudah menghendaki maka tidak ada yang mustahil bagi-Nya. Semua ini berkat usaha, doa, dan tawakkal bapak sehingga Allah memberikan takdir baik-Nya. Karena apapun yang menjadi harapan kita, tetaplah tenang, dan tetaplah berusaha segigih mungkin sehingga takkan pernah ada usaha yang berakhir sia-sia. Kita doakan semoga kerja residensi penulisan yang telah dilalui bapak berjalan lancar, selalu diberi kesehatan dan menuai hasil yang maksimal.
(Reni Ulfiana Wulandari 1B)

Mayviolitaaaa mengatakan...

Semangat pak naka! Sukses terus ya pakkk. Jangan lupa oleh oleh nya hehehe

Intan Nibrosy Rubyssalam mengatakan...

Bismillah jaga kesehatan ya, pak. Tetap semangat, tetap berkarya, dan sukses selalu. Kami mahasiswa UPGRIS prodi PBSI menunggu dan menyambut hangat kepulangan anda dan jangan lupa oleh-olehnya pak.

(Intan Nibrosy Rubyssalam 1B 19410089)

dwisafitrisaaa76.blogspot.com mengatakan...

Selamat pak naka
Atas kreativas tulisan bapak membuahkan hasil,yang bisa memotivasi,sukses terus,dan selamat menikmati residensi penulisan di belanda :v

annisa pratiwi widayani mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
annisa pratiwi widayani mengatakan...

Semua ini sudah menjadi jalan Pak Naka dari Sang Pencipta Alam. Melalui karya yang bapak ciptakan dengan kerja keras bapak, dengan tekat bapak, dan dengan kegigihan bapak dalam menciptakan karya karya bapak ini. Tak lupa doa dari orang-orang terdekat bapak, terutama orang tua dan keluarga bapak:) Sehat dan sukses selalu Bapak Setia Naka Adrian. Kami selalu mendoakanmu.

annisa pratiwi widayani mengatakan...

Semua ini sudah menjadi jalan Pak Naka dari Sang Pencipta Alam. Melalui karya yang bapak ciptakan dengan kerja keras bapak, dengan tekat bapak, dan dengan kegigihan bapak dalam menciptakan karya karya bapak ini. Tak lupa doa dari orang-orang terdekat bapak, terutama orang tua dan keluarga bapak:) Sehat dan sukses selalu Bapak Setia Naka Adrian. Kami selalu mendoakanmu.

(ANNISA PRATIWI WIDAYANI, 1B)

Risa Aulia Puspita Dewi mengatakan...

ikhtiar, terus berusaha dan tawakal akan membawa seseorang dalam keberhasilan...
semangat pak naka!
sukses selalu...
hati-hati dinegeri orang...


Risa Aulia Puspita Dewi 1B)

rizal muhaimin mengatakan...

Jujur saya bangga kepada Pak Naka yang begitu sangat masih mudanya yang dapat menciptakan sebuah karya karya yang sangat baik yang membuat saya pribadi terpukau atas karya karya yang Pak Naka ciptakan. Kami semua selalu mendoakanmu.
Good luck pak Setia Naka Adrian.

(Rizal Muhaimin 1B npm:19410077)

Malihatuz Zuhriyah Istianti mengatakan...

Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Itu semua jawaban dari setiap doa yang pak Naka Panjatkan kepada Tuhan. Melalui karya menulis pak Naka bisa mengantarkan kesuksesan untuk pak Naka. Jangan lupa untk bersyukur atas kesuksesan yang pak Naka raih. Semoga pak Naka sehat selalu disana dan selalu dalam lindungan-Nya.

(Malihatuz Zuhriyah Istianti 1B 19410101)

Wandha Ayu Rukmika mengatakan...

Semangat dan sukses terus pak Naka!. Jangan pernah berhenti untuk terus berkarya pak, karena karya itulah sekarang bapak berada di negeri Kincir Angin itu. Dan semoga karya bapak selalu menjadi yang terbaik
(Wandha Ayu Rukmika, 1B 19410104 )

Pipit Nadia mengatakan...

Tetap dalam lindungan Yang Mahakuasa nggih Pak dan semoga Alloh selalu meridhoi setiap langkah kaki bapak. Sungguh luar biasa bapak dapat menapakkan kaki di negeri Kincir Angin melalui sederet kata.Tetaplah menjadi inspirator kami nggh pak🙏 Kekuatan doa tiada yang dapat mengira begitu juga dengan ikhtiar,keduanya telah seimbang dan membawa bapak dalam bingkai keberhasilan.

(Pipit Nadia 1B)

YETTY OKTA VIANI mengatakan...

Selamat Bapak Setia Naka Andrian, Bapak adalah orang hebat yang telah membuktikan bahwa berawal dari hal kecil bisa memberi keberuntungan dan keberhasilan. Dari kata-kata dapat menginspirasi banyak orang. Semoga kita dapat mengikuti jejak bapak yang terus berjuang dan berdoa pada Tuhan.
Tidak ada yang mustahil selagi kita mau berniat memulai dan terus berusaha.

(Yetty Okta Viani, 1B)

Risa Dwi Sofya Yulianti mengatakan...

Hebat Pak Naka, selamat dan sukses terus Pak Naka. Sungguh luar biasa perjuangan Pak Naka yang begitu hebat, usaha yang tidak mengkhianati hasil, jika mau berusaha pastinya kita bakalan bisa mencapainya.Selamat pak :)

(Risa Dwi Sofya Yulianti, 1B PBSI (19410105) )

Dyah Wiyati Kusumaningtyas mengatakan...

Semangat dan terus berjuang pak,karena usaha dan kerja keras tidak mengkhianati hasil.
Hari yang pak naka peroleh mungkin dahulu yang bapak tanam.
Karena sesuatu yang terjadi adalah sesuai yang bapak tanam.
Dan hal tersebut juga di karenakan ada usaha dan doa

Dyah Wiyati Kusumaningtyas 19410074 ( 1B).

Mega Lusviyani mengatakan...

Harapan tidak pernah sendirian,ia bisa menjadi kenyataan jika di perjuangkan sepenuh hati.Usaha yang tekun, let dangigih membuat pak naka mendapatkan apa yang bapak impikan.
Kepuasan terletak pada usaha yang di lakukan. Bukan semata dari hasil yang di tuai. Semoga kendaraan kata-kata pak naka selalu mengantarkan pada kesuksesan dan dapat memotivasi orang lain.
Selamat pak naka atas kesuksesan yang di raih, saya sangat termotivasi atas karya pak naka,semoga kedepan saya bisa seperti pak naka. Aamiin.. :)

(Mega lusviyani,1B PBSI,19410097)

Anggraeni Dyah Puspita Sari mengatakan...

Semua yang pak Naka dapatkan saat ini adalah jalan yang telah diberikan Allah SWT, tak lepas dari doa keluarga terutama kedua orang tua serta teman-teman. Dan juga karena kerja keras dan kegigihan bapak dalam membuat karya yang sampai saat ini sudah banyak dikenal masyarakat luas. Sehat selalu pak Naka .
Semangat pak..
(Anggraeni Dyah Puspita Sari 1B 19410065)

Nurul Laelatun Ni'mah mengatakan...

MasyaAllah, keberuntungan pak Naka tidak lepas dari doa-doa dan usaha yang selama ini pak Naka lakukan. Ini proses yang amat sangat panjang sampai dari kata-kata dan tulisan pak Naka bisa berpetualang. Dibalik lelahnya pak Naka berproses selalu banyak hikmah dan keberhasilan yang didapat. Tidak ada yang tidak mungkin selagi ada keinginan untuk terus belajar dengan tekun dan bersungguh-sungguh tidak lupa selalu diiringi dengan doa. Begitupun orang-orang disekitar pak Naka selalu merapalkan doa-doa terbaiknya untuk pak Naka. Cerita pak Naka ini sangat menginspirasi saya agar bisa menulis,menulis,menulis sampai suatu saat bisa menerbitkan buku. Aamiin
Semangat residensi pak, sehat selalu di sana.
(Nurul Laelatun Ni'mah 1B 19410098)

Nabilaaurorap.p mengatakan...

Semua butuh perjuangan,usaha, dan doa. Sekecil apapun hal yang ingin dicapai,jika tanpa 3 hal tersebut , semua akan terasa sia sia. Sama halnya seperti pak Setia, beliau hanya bermodalkan nekat dibandingkan dengan yang lain. Tetapi beliau bersihkeras dan yakin juga konsisten terhadap apa yang dia lakukan. Selamat atas pencapaian nya,semoga bermanfaat, dan tetap menjadi seseorang yang menginspirasi bagi kita semua.
(Nabila Aurora p.p 1B 19410114

Yulianawulan304.blogspot.com mengatakan...

Selamat pak Naka teruslah berkarya, perjuanganmu telah membuahkan hasil hingga mengunsipirasi banyak orang. Keburuntungan menghadiahi pak Naka kemenangan yang indah

Yuliana wulandari 1B 19410078

Ari Wahyu Wibowo mengatakan...

Biarkan orang lain meremehkanmu tapi jangan biarkan dirimu meremehkan diri sendiri
(Ari Wahyu Wibowo 1B 19410115)

Hendriansyah Restu Omanda mengatakan...

Saya suka style rambut bapak, sukses selalu ya pak,jangan lupa bahagia:v
(Hendriansyah Restu Omanda 1B 19410086)

Fita Dwi Damayanti mengatakan...

Itulah yang dinamakan usaha tidak akan mengkhianati hasil, berawal dari hobi yang kemudian membawa bapak menuju ke jalan kesuksesan mungkin itu adalah jawaban dari doa-doa bapak selama ini dan juga jawaban dari usaha-usaha bapak selama ini. Selamat atas kesuksesan bapak dan semoga ilmu yang bapak dapatkan bermanfaat untuk semua orang. Sekali lagi selamat untuk pak naka dan sukses selalu untuk kedepannya.
(Fita Dwi Damayanti 1B 19410068)

Unknown mengatakan...

Sangat keren pak Naka.Keep on fire dalam berkarya pak.Bapak sangat menginspirasi saya bahwa setiap masalah tidak harus di ceritkan kepada orang lain.Tetapi dapat di jadikan sebuah tulisan yang sederhana tetapi memiliki banyak makna.Terima kasih Pak Naka.

Rani Tamara mengatakan...

Subhanallah, sungguh hebat perjuangan bapak yang dimulai dari nol sampai bisa seperti ini. Memang benar usaha tidak akan mengkhianati hasil. Sukses selalu pak naka, semoga selalu diberi kesehatan dan dilindungi oleh Allah ta'ala. Aamiin

Rani Tamara 1B 19410107

Naimatul Khamidah mengatakan...

Selamat pak Naka, usaha memang tidak menghianati hasil. Doakan semoga kami bisa merasakan kesuksesan yang bapak dapat

(Naimatul Khamidah 1B 19410069)

metodemembacaluhurkinasih mengatakan...

Alhaldullilah, saya ucapkan selamat atas tercapainya salah satu mimpi bapak. Saya yakin perjuangan bapak belum selesai untuk mencapai mimpi-mimpi bapak yang selanjutnya. Doakan saya pak semoga saya bisa mencapai mimpi-mimpi saya seperti bapak. Saya percaya bahwa hasil tidak akan pernah menghianati usaha. Dan doa akan selalu menjadi penguatnya. Saya akan percaya dengan mimpi saya, saya akan berusaha lebih keras lagi untuk itu. Sebab saya tahu orang beruntung hanya seperkian persen saja, dan itu termasuk bapak. Sekali lagi saya ucapkan selamat pak dan terima kasih atas tulisan bapak yang sekarang menjadi motifasi saya...
(Luhur Kinasih Nitis Utami, 19410110, 1B)

Fina Karimatun Nafis mengatakan...

Alhamdulillaah... Pak Naka bisa residensi di luar negeri. Semoga diberikan yang terbaik oleh Alloh dan apa yang sedang bapak usahakan disana membuahkan hasil yang maksimal aamiin... Memang manusia boleh berharap tetapi dengan catatan jangan hanya mengandalkan harapan saja tapi di wujudkan dengan iringan doa dan usaha yang maksimal pula.
(Fina Karimatun Nafis, 1B 19410087)

Nadila aurora mengatakan...

Keyakinan dan kesungguhan dalam berupaya adalah sebuah gerbang untuk menapaki tangga keberhasilan. Semoga karya-karyanya bisa bermanfaat dan menginspirasi banyak orang. Sukses terus dan selamat menikmati residensi diluar negri pak.
(Nadila Aurora Putri Prameta, 1B 19410113)

Nia Baluk mengatakan...

Kata adalah hal yang terkadang dianggap sepele.Tetapi memiliki makna yang begitu luas jika di buat dalam sebuah tulisan yan sederhana tetapi memiliki makna yang luar biasa.Sehingga membuat sesuatu yang tak mungkin menjadi mungkin.semangat dalam berkarya Pak Naka.

(FEBRONIA GOLU BALUK.1B.NPM:19410102)

Eva Ristanty Nur Awaly mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Eva Ristanty Nur Awaly mengatakan...

Usah disertai ikhtiar dan terus berusaha pasti akan mencapai keberhasilan, jangan pantang menyerah terus berusaha karena dibalik kegagalan dimasa lalu pasti ada keberhasilan dimasa depan yang mengikuti orang - orang yang mau berusaha, sukses selalu pak Naka
(eva ristanty nur awaly, 1B,19410085)

Eva Ristanty Nur Awaly mengatakan...

Usah disertai ikhtiar dan terus berusaha pasti akan mencapai keberhasilan, jangan pantang menyerah terus berusaha karena dibalik kegagalan dimasa lalu pasti ada keberhasilan dimasa depan yang mengikuti orang - orang yang mau berusaha, sukses selalu pak Naka
(eva ristanty nur awaly, 1B,19410085)

Eva Ristanty Nur Awaly mengatakan...

Usah disertai ikhtiar dan terus berusaha pasti akan mencapai keberhasilan, jangan pantang menyerah terus berusaha karena dibalik kegagalan dimasa lalu pasti ada keberhasilan dimasa depan yang mengikuti orang - orang yang mau berusaha, sukses selalu pak Naka
(eva ristanty nur awaly, 1B,19410085)

Eva Ristanty Nur Awaly mengatakan...

Usah disertai ikhtiar dan terus berusaha pasti akan mencapai keberhasilan, jangan pantang menyerah terus berusaha karena dibalik kegagalan dimasa lalu pasti ada keberhasilan dimasa depan yang mengikuti orang - orang yang mau berusaha, sukses selalu pak Naka
(eva ristanty nur awaly, 1B,19410085)

Eva Ristanty Nur Awaly mengatakan...

Usah disertai ikhtiar dan terus berusaha pasti akan mencapai keberhasilan, jangan pantang menyerah terus berusaha karena dibalik kegagalan dimasa lalu pasti ada keberhasilan dimasa depan yang mengikuti orang - orang yang mau berusaha, sukses selalu pak Naka
(eva ristanty nur awaly, 1B,19410085)

Luthfi Fairuz Hanisworo mengatakan...

selamat atas tercapainya mimpi bapak, pencapaian bapak tidak berakhir disini . Terus berkarya karena karya bapak menginspirasi saya setelah membaca blog ini. sukses selalu ya pak :)
(Luthfi Fairuz Hanisworo, 1B, 19410094)

SITI ZANUBA CHOIRIYAH mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
SITI ZANUBA CHOIRIYAH mengatakan...

Barakallah pak, semoga Allah senantiasa membersamai langkah bapak. Hidup memang kadang seberuntung itu, kita tidak bisa menyangka apa yang akan kita dapat sedetik kemudian, sebab Allah Yang Maha menggerakkan, Allah Yang Maha Membolak balikkan keadaan. Selamat atas pencapaian bapak, saya yakin ini semua berkat kerja keras, usaha serta do'a yang tak gencar gencarnya bapak panjatkan. Sukses selalu bapak, dan do'akan kelak kami dapat seperti bapak, mengharumkan nama almamater, sekaligus nama bangsa. Aamiin. Semoga ilmunya bermanfaat dunia akhirat pak.
(Siti Zanuba Choiriyah 1B 19410095)

Pipit Indriyani M mengatakan...

Mencapai keberhasilan perlu usaha dan perjuangan yang tidak sedikit serta semangat dan dorongan dari keluarga dan sahabat yang membuat kita percaya diri, namun yang lebih penting dari itu adalah berdoa dan terus berdoa kepada Allah SWT. Semoga usaha yang telah bapak capai bisa menjadi berkah untuk bapak dan semuanya, amin.

(Pipit Indriyani M 1B 19410111)

Sukmaragilputra.blogspot.com mengatakan...

Ingin rasanya pergi keluar negri dan naik pesawat berjam-jam seperti pak Naka. Selain diri sendiri yang merasa bangga tentu juga keluarga dan orang-orang terdekat juga pasti merasa bangga. GBU pak Naka

(Sukma Ragil Putra 1B, 19410118)

Ellytadew mengatakan...

Entah apa yang harus saya katakan lagi Pak Naka,karena jika boleh jujur,saya benar-benar membayangkan jika saya berada di posisi Pak Naka,betapa bangganya orang tua dan diri saya sendiri Pak.
Semoga saya dan teman-teman yang lain bisa mengikuti jejak Pak Naka.
Ellyta Dewi (1B)

RISTA HELMALIA PUTRI mengatakan...

Setiap usaha tidak akan menghianati hasil, dan setiap usaha pasti ada jatuh bangunya. Dan saat kita sedang jatuh jangan salahkan usaha karna sebenarnya itu kita hanya kurang keras dalam berusaha. Dan terbukti juga jika kita lebih keras dalam berusaha serta selalu menyertakan tuhan maka hasil yang kita dapatkan jauh lebih dari apa yang kita inginkan. Saya ucapkan selamat atas pencapaian keberhasilanya pak naka. Semoga kedepanya lebih sukses lagii. Amiinnnn

(Rista helmalia putri 1B 19410071)

Nathania Bunga Azalea mengatakan...

Sebuah pencapaian yang sangat luar biasa. Dan pencapaian itu tentu bukan sesuatu yang instan, pasti terdapat usaha dan doa yang amat sangat besar didalamnya. Pepatah hasil tidak pernah menghianati usaha memang benar adanya. Selamat untuk keberhasilannya, Pak Naka.

(Nathania Bunga Azalea 1B)

Ana Amalia mengatakan...

Selamat atas pencapaiannya hingga saat ini pak Naka, sukses selalu untuk membuat karya-karya baru. Tetap berdoa dan positif thinking hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. Selamat dan semangat selalu pak Naka!!


(Ana Amalia 1B)

Ahmad Peri Edi Siswanto mengatakan...

Selamat atas pencapaian Pak Naka yang telah berusaha dan berikhtiar. Meski pernah gagal, tetapi beliau tidak menyerah dan sampai akhirnya lolos program Residensi Penulis Indonesia dari Komite Buku Nasional dan Kemendikbud. Semangat terus Pak Naka dalam menempuh karir dan semoga lancar karir serta sehat selalu.

(Ahamad Peri Edi Siswanto 1B, 19410081)

Lazuar mengatakan...

Atas izin Tuhan dan doa restu kedua orangtua Bapak serta dengan kerja keras dan doa semuanya pasti akan berhasil. Alhamdulillah, saya ikut berbahagia atas prestasi yang Bapak raih di sepanjang perjalanan hidup serta karir yang sangat menginspirasi.

Setelah saya membaca satu judul tentang Ke Eropa, Berkendara Kata (1) dan (2) saya kembali ingin kemampuan dalam berolah kata, sebagaimana saya dulu pernah membuat satu buku kumpulan puisi yang bertemakan “IMAJINASI” yang sempat di baca oleh Ibu Asropah (selaku Dekan FPBS UPGRIS). Seiring berjalannya waktu, rasanya saya semakin pasif dalam menuangkan isi otak saya dalam bentuk tulisan. Banyak permasalahan yang membuat pikiran saya tidak mampu untuk mengembangkan skill yang sudah Tuhan anegurahkan. Namun setelah membaca tulisan Bapak Naka, semangat saya tergugah kembali untuk merangkai kata-kata menjadi sebuah puisi yang indah dan bermakna.

Doa saya untuk Bapak disana, semoga senantiasa dalam lindungan Tuhan YME, saya yakin bahwa mimpi-mimpi besar saya pun dapat diwujudkan seperti Bapak.
Selamat dan sukses selalu dunia akhirat Bapak, Salam Hormat dari saya.

(Lazuar Yula Tanura 1B)

Friska Rahmaningrum mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Friska Rahmaningrum mengatakan...

Alhamdulillah,sungguh hebat perjuangan Bapak,pencapaian yang sangat luar biasa,jujur saya kagum dengan Pak Naka yang terus berjuang,berusaha dan pasti tak henti-hentinya berdoa kepada Allah atas hasil yang diraih Bapak.Semoga selalu diberikan kesehatan,kelancaran segala urusan dan teruslah berkarya. Sukses terus untuk Bapak.
(Friska Rahmaningrum 1B)

Fridha Rizki mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Fridha Rizki mengatakan...

Selamat Pak Naka, saya bangga dan beruntung telah diberi kesempatan untuk mengenal orang hebat dan luar biasa seperti Bapak. Terus semangat Pak Naka, semoga selalu diberi keberkahan dalam setiap usaha Bapak. Amin

(Fridha Rizki Mardiana 1B)