Kamis, 17 Oktober 2019

Ke Eropa, Berkendara Kata (1)


Sama sekali tak saya sangka sebelumnya. Sungguh, bahwa kata-kata menjadi kendaraan utama yang mengantarkan saya hinggap ke mana-mana. Bahkan tahun 2019 ini saja, selepas kata-kata mengantarkan saya untuk melakoni residensi penulisan selama satu bulan di Polewali Mandar Sulawesi Barat, kembali kata-kata memberi kesempatan berpetualang lagi kepada saya. Ya, berkat izin Tuhan, kata-kata membawa saya terbang ke Eropa. Kata-kata mengantarkan saya untuk melakukan residensi selama dua bulan di Leiden dan kota-kota lain di Belanda.

Eropa, dalam benak masa kecil saya adalah benda asing yang sulit saya terka wujud atau rupa lainnya. Kecuali yang terpajang di dinding ruang kelas saya saat duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) kala itu.

Ya, semua seakan berhenti hanya dalam peta usang kala itu. Dan Belanda, menjadi sebatas kabar masa silam yang begitu berlalu. Barangkali sempat saya benci, ketika tak sedikit orang-orang di sekitar masa kecil saya yang menganggap bahwa Belanda begitu bertaring kepada bangsa Indonesia.

Jika boleh dihitung, dan tentu jika boleh jujur, ini adalah kali kedua pelancongan saya ke luar negeri. Dan kali pertama ya hanya di negeri tetangga semata. Baru setahun lalu pula saya membuat paspor untuk keperluan acara di Kelantan Malaysia, yang tak lain adalah sebuah kegiatan berkait-paut dengan kata-kata pula. Ya, sebuah Konvemsyen Sastra yang dihelat oleh Persatuan Penyair Malaysia dan Kementrian Pendidikan Malaysia kala itu.

Sungguh, segala itu sama sekali tak pernah terbayangkan. Apalagi bagi masa kanak-kanak saya kala itu. Seorang anak lelaki dekil yang tinggal di sebuah desa, tidak dekat dari jalan raya. Bahkan saat SD pun, anak lelaki kurus itu mengenyam pendidikan dasar di sekolah berkategori IDT (Inpres Desa Tertinggal). Saya ingat betul saat di bangku SD tersebut. Itu di SD N Penjalin Kec. Brangsong Kab. Kendal, Jawa Tengah. Di sekolah bercap tertinggal (kala itu), setiap dua kali dalam seminggu siswa-siswanya mendapatkan asupan makanan dan minuman gratis. Saya ingat, jika tidak susu dan lemper ya bubur kacang hijau dan telur puyuh rebus. Itu yang terkadang membuat saya dan teman-teman sangat bahagia. Paling tidak, sedikit meringankan uang jajan kami kala itu. Dan bagi kami, itu semua adalah jajalan yang bisa terbilang cukup mahal. Sebab biasanya kami hanya jajan es lilin dan kerupuk bakar (kerupuk usek) bersambal semata. Atau jajanan-jajanan lain yang sangat tak bergizi.

Jangankan perihal residensi selama beberapa bulan di Belanda, membayangkan naik pesawat saja ya hanya mampu saya imajinasikan sekenanya saat tak sedikit pesawat yang melintasi di atas rumah, di kampung halaman saya. Ya, pesawat terbang (montor mabur: sebutan untuk pesawat).

Dan kini, sejak memasuki gerbang pendidikan tinggi, saya tak jarang mendapat kesempatan untuk melakoni berbagai aktivitas sastra dan kesenian lain. Mengunjungi kota-kota, menghinggapi daerah lain di luar pulau. Alhamdulillah, hingga berujung terus sampai sekarang kerap diberi kesempatan mengendarai kata-kata untuk hinggap ke mana-mana. Dan tentu, segala kerja itu berkait-paut serta bermula dan bermuara dari kata-kata. Jika saya berangkat karena menunggangi kata-kata, sepulang dari keberangkatan itu pun tentu harus membawa cindera kata.

Barangkali jika boleh jujur, sepertinya saya tak akan pernah ke mana-mana, bahkan tak akan pernah sampai ke Eropa, selain tanpa kata-kata. Sederhananya, uang dari mana untuk biaya hidup berbulan-bulan di negeri-negeri schengen yang begitu mahal segalanya ini? Bayangkan saja, untuk menginap saja perbulan sudah menghabiskan uang 8 jutaan. Itu hitungan tiap kepala. Lalu bagaimana jika dua kepala dan seterusnya?

58 komentar:

Hasan Arafat mengatakan...

Keberhasilan tidak diukur seberapa maju daerah kita, tetapi keberhasilan diukur seberapa kita bekerja keras untuk meraih kesuksesan.

(Hasan Arafat 1B)

MARIUS WARKUTA mengatakan...

Sunggu mustail pak Kata kata bukan hanya di sebut sja tpii
Dpat melancarkan pak naka pu tujuan hidup
Hidup ini memang sunggu Hinda. Semua rencana tuhan
Yg atur mna yg terbaik di perjuangin pak
Dan kmi anak anak mu akan mengitumu.
Selamat pak
Tuhan berkatih.. Amin

Rico Setya novaldo mengatakan...

Berawal dari kata-kata,sehingga bisa hinggap kemana mana bahkan mendapatkan kesempatan untuk pergi ke eropa.sebuah artikel yang menginspirasi saya untuk berkarya melalui kata-kata.
(Rico Setya Novaldo 1B)

SUCI RAHAYU mengatakan...

Selamat pak naka atas keberangkatan-nya ke Iedien bersama sang istri tercinta,saya berharap pak naka dan sang istri dalam keadaan baik-baik saja.
dari perjalanan pak naka yang tadi diceritakan saya merasa sangat termotivasi untuk mengikuti jejak pak naka,rasanya saya ingin semakin dekat dan ingin mengagumi kata,tulisan dan bacaan.
Dan pak naka juga membuktikan kepada saya bahkan mungkin teman-teman yang lain bahwa anak desa juga dapat berkarya dan melukis mimpi-mimpi kecilnya yang tak disangka dikemudian hari mimpi itu bukan hanya sekedar mimpi tapi sebuah realita yang manis.
(SUCI RAHAYU 1B 19410120)

YULIA SYAFITRI mengatakan...

Begitulah hidup semuanya tergantung dari diri kita masing masing, terkadang walaupun awalnya kita bukan apa-apa dimata orang dari situ kita belajar semua itu berawal dari nol dan ketekunan diri untuk melakoni suatu tujuan yang mana kalanya itu akan membuat kita berhasil untuk impian dan angan kita , you're the greatest sir. 👍

(Yulia Syafitri 1 B)

LILIK ANDRIYAN mengatakan...

Pak Naka keren,setelah membaca ini semangat saya kembali membara untuk mewujudkan cita-cita,Tulisan pak Naka adalah bukti bahwa tidak ada yang tidak mungkin, terimakasih Pak sudah memberikan motivasi baru untuk saya.

(Lilik Andriyan 1B, 19410080)

Anisa Nur'aini mengatakan...

Allahumma, sungguh kata-kata pak naka menjadi motivasi untuk kita semua. Dari perjuangan laki-laki kurus yang hanya tinggal di sebuah desa bisa mengelilingi dunia, tanpa mengeluarkan biaya. Semoga kita semua, mahasiswa pak naka bisa mengikuti jejak pak naka. Aamiin


(Anisa Nur'aini 1B 19410076)

Yulia Rachmawati mengatakan...

Masya Allaah, selamat Pak Naka atas keberhasilan bapak dalam menulis hingga dapat mengantarkan Pak Naka menggapai apa yang selama ini diimajikan, membuktikan kepada orang lain bahwa anak desa bisa berkarya, bahkan hingga ke negeri orang. Terima kasih banyak atas tulisan bapak yang telah menginspirasi banyak orang, khususnya saya pribadi.Semoga bapak beserta rombongan selalu dalam lindungan Allah, sehat selalu, pulang dengan selamat tak kurang satu pun. Aamiin.. Sukses terus Pak Naka

(Yulia Rachmawati. 1B. 19410100)

Unknown mengatakan...

Selamat pak Naka....
Belajar dari artikel ini membuat saya ingin menjadi seperti pak Naka. Walaupun dari sekolah yg tertinggal saat itu bukan berarti pergi keluar negeri hanyalah angan angan belaka. Usaha tidak mengkhianati hasil, pak. Kata kata bapak akan menginspirasi banyak orang termasuk saya :)...
(Tri Vani Winda Devi 1B)

Reni Ulfiana Wulandari mengatakan...

Selamat Pak Naka atas keberhasilannya hingga sekarang. Setelah membaca blog ini, saya menjadi termotivasi untuk membangkitkan semangat belajar saya untuk lebih mengenal apa itu kata-kata. Karena bagi saya, keberhasilan itu tidak hanya diawali dari proses yang besar sekalipun tetapi dari hal terkecil pun apabila kita tekuni akan menuju kesuksesan yang hakiki.
(Reni Ulfiana Wulandari 1B)

Yulianawulan304.blogspot.com mengatakan...

memang hidup tidak ada yang tau akan bagaimana kelanjutannya kita sebagai umat manusia hanya menjalani apa yang terbaik untuk hidup ini, dan tidak ada yang tidak mungkin didunia ini selama kita mampu menjalaninya dan senantiasa selalu berdoa kepada Allah swt. cerita pak Naka sangat memotivasi para mahasiswa untuk terus semangat berjuang meraih kesuksesan dan kesusksesan diraih bukan karena kita orang kaya atau dari mana asal kita kesuksesan muncul karena ketekunan diri sendiri tidak perduli kita dari plosok desa jika kita mampu dan mempunyai tekad semua akan terwujud seperti pak naka yang memulai hidup dari titik terendah hingga sekarang selamat atas kesuksesannya pak semoga sehat selalu

(yuliana wulandari 1B 19410078

Diaz Parama mengatakan...

Saya turut berbahagia atas pencapaian pak Naka, semoga pak Naka selalu diberi kesehatan dan dilancarkan residensinya. Amin

(Diaz Parama Arta 1B)

Mayviolitaaaa mengatakan...

Selamat ya pak naka,atas keberhasilan bapak. Karena kerja keras pak naka,pak naka bisa mewujudkan impian dan keinginan bapak dan terimakasih untuk karya tulis bapak yang bisa menjadikan inspirasi bagi pembaca🎉💯

( Mayviolita aulia 19410088 )

Intan Nibrosy Rubyssalam mengatakan...

Alhamdulillah dengan usaha dan kerja keras pak Naka, bapak menjadi sukses seperti saat ini. Tulisan-tulisan bapak sangat memotivasi saya untuk lebih berkreasi dalam membuat tulisan dan juga dapat menjadi inspirasi bagi pembaca. Teruslah berkarya pak, tetap semangat dan sukses selalu!!

(Intan Nibrosy Rubyssalam 1B 19410089)

Ana Amalia mengatakan...

Selamat atas keberhasilan pak Naka sampai titik ini, selamat juga atas pemberangkatannya ke Eropa. Tetap melahirkan karya-karya yang telah membuat kami termotivasi ingin menjadi seperti pak Naka, sosok yang merintis karya tulisnya dari 0-sekarang tidak ada hentinya terus berkarya yang tujuannya tidak hanya untuk dirinya namun sembari untuk memotivasi kami. Tetap semangat, selamat dan sukses selalu pak Naka!!


(Ana Amalia 1B)

annisa pratiwi widayani mengatakan...

Selamat untuk Bapak Setia Naka Adrian yang telah tiba di Negara Belanda dengan selamat dan dalam keadaan sehat:) Saya berharap agar bapak senantiasa diberi kesehatan dan kelancaran selama melaksanakan tugasnya dan segera kembali ke Indonesia untuk membagikan ilmunya kepada kami semua selaku mahasiswa bapak:) . Dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada bapak karena dengan cerita yang bapak bagikan ini saya sangat termotivasi dan ingin terus belajar,ingin memperbanyak membaca buku agar lebih banyak memiliki pengetahuan dan saya berharap saya bisa menulis karya bahkan buku seperti Bapak Naka. GOOD LUCK SIR👍🏻

(ANNISA PRATIWI WIDAYANI , 1B)

Anggraeni Dyah Puspita Sari mengatakan...

Selamat bapak Naka atas beasiswa yang telah diraih. Cerita bapak sangat menginspirasi saya,semoga saat menjalani residensi disana dapat membawa ilmu yang bermanfaat.sukses selalu dan terus berkarya menciptakan tulisan-tulisan yang menginspirasi pembaca.

(Anggraeni Dyah Puspita Sari 1B 19410065)

Risa Aulia Puspita Dewi mengatakan...

tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini jika kita terus berusahaaa
semangat pak naka...


(risa aulia pspita dewi 1B)

rizal muhaimin mengatakan...

Selamat atas keberhasilan yang pak Naka raih,semoga dengan keberhasilan yang bapak raih bisa memotivasi kita semua khusus nya Mahasiswa PBSI agar kita semua dapat meraih apa yang selalu kita cita citakan.
Amiin....

(Rizal Muhaimin 1B npm 19410077)

Malihatuz Zuhriyah Istianti mengatakan...

Selamat untuk pak Naka atas keberhasilan yang di raih. Saya sangat terinspirasi dengan bapak. Semoga ilmu yang bapak raih bermanfaat bagi orang lain, agama nusa dan bangsa. Dari cerita bapak saya dapat lebih semangat lagi untuk meraih cita cita. Tak ada yang tidak mungkin di dunia ini asal kita mau terus berusaha dan berdoa.

(Malihatuz Zuhriyah Istianti 1B NPM 19410101)

Pipit Nadia mengatakan...

Selamat nggih pak Naka! Sungguh tiada disangka dan tentunya dengan keberhasilan pak Naka dalam menjajaki negeri Kincir Angin ini pastinya tidak lepas dari proses yang begitu panjang dan mungkin rumit,namun pak Naka mampu untuk melampauinya. Sesungguhnya keberhasilan berada pada tangan kita masing-masing dan bergantung bagaimana cara kita dalam menjemput keberhasilan tersebut. It's stars from your self! Dan seperti halnya pak Naka semoga kelak kita semua dapat mengharumkan nama baik almamater bahkan nama baik bangsa. Terima kasih banyak Pak,sudah menggugah kembali gairah hidup saya melalui sederet kata yang bapak tuangkan dalam esai ini.
(Pipit Nadia 1B)

Wandha Ayu Rukmika mengatakan...

Selamat pak Naka atas keberhasilannya, dari tulisan bapak saya percaya tidak ada hal yang tidak mungkin di dunia ini. Tidak peduli dari mana asal kita dan sekolah kita dulu, jika kita terus berusaha dan bersungguh-sungguh dalam mewujudkan cita-cita insya Allah cita-cita itu akan terwujud.
(Wandha Ayu Rukmika, 1B 19410104 )

Rama nuria mengatakan...

Selamat untuk keberhasilan Pak naka. Memang tiada yang menyangka dengan kata kata bisa mengantarkan bapak untuk bertualang. Semoga lain waktu bapak bisa berkunjung ke tempat tempat lain yang bapak inginkan. Aamiin.. awalnya saya tidak menyangka kalau berawal dari menulis kata kata bisa mengantarkan bapak untuk berkunjung ke daerah lain di dalam negri, tetapi sekarang bapak malah sudah ke luar negri sungguh luar biasa pak. Sukses terus untuk Pak Naka


(Rama Destyamaberta Nuria Negara 1B npm:19410082)

Risa Dwi Sofya Yulianti mengatakan...

Wahh hebat sekali Pak Naka, sukses selalu dalam berkarir pak, dibalik itu semua pastinya ada dukungan dari seorang orang-orang yang hebat pula. Motivasi yang hebat untuk anak didik Pak Naka supaya bisa seperti Pak Naka dan semoga next time kita bisa pergi ke Eropa seperti Pak Naka. Amin.. :)

(Risa Dwi Sofya Yulianti, 1B PBSI)

YETTY OKTA VIANI mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Pipit Indriyani M mengatakan...

Selamat pak naka atas keberhasilannya, dari cerita pak naka saya berfikir bahwa impian bukanlah sesuatu yang sederhana yang mudah untuk terwujud, kita bisa saja berkhayal dan membayangkan hal-hal yang luar biasa, namun kalau tidak diiringi dengan tindakan dan perjuangan maka impian tetap saja menjadi impian belaka, tidak ada yang berubah. Kesuksesan itu berasal dari diri sendiri dan tidak memandang latar belakang seseorang.

(Pipit Indriyani 1B)

Nabilaaurorap.p mengatakan...

Selamat pak Setia Naka Adrian untuk keberhasilannya, alhamdulilah apa yang sudah dicita-citakan dan diusahakan oleh pak Naka kini terwujud. Bapak telah memotivasi saya dan teman-teman untuk mengenal lebih dalam apa itu kata-kata dan berusaha lebih keras lagi untuk bisa seperti pak Naka. Semoga ilmu yang bapak raih bisa bermanfaat bagi banyak orang. Tidak disangka dengan kata-kata bisa mengantarkan pak Naka berpetualang bukan hanya didalam negeri tapi melainkan diluar negeri seperti sekarang ini. Sukses selalu pak, semoga pak Naka bisa bertualang ketempat lainnya. Aamiin.
(Nabila Aurora p.p 1B . 19410114)

Nurul Laelatun Ni'mah mengatakan...

MasyaAllah pak Naka, syukur alhamdulillah tak disangka dari setiap kata yang bapak tekuni dan latih setiap harinya dapat mengantarkan pak Naka berkeliling dalam negeri sampai luar negeri dan sampai sekarang bisa di Leiden Belanda. "Bermimpilah setinggi langit jika kau jatuh akan terjatuh diatas bintang-bintang" kata yang diucapkan oleh Bung Karno. Setiap orang pasti mempunyai banyak mimpi tidak perduli dia dari kalangan orang yang mampu ataupun tidak mampu, setidaknya selagi mau berusaha dan bersungguh-sungguh, pasti Tuhan akan menunjukan jalan terbaiknya.
Semangat residensi pak Naka, semoga ilmunya selalu lebih bermanfaat oleh generasi penerusnya. Aamiin.
(Nurul Laelatun Ni'mah 1B 19410098)

Rani Tamara mengatakan...

Masyaa Allah, selamat pak naka atas keberhasilan nya. Melalui kata-kata yang di tulis bisa membawa bapak sampai keluar negri
Subhanallah, perjalanan cerita yang sudah bapak tulis membuat saya termotivasi
Semoga pak naka dan keluarga selalu dilindungi oleh Allah ta'ala
Aamiin

Rani Tamara 1B 19410107

Ari Wahyu Wibowo mengatakan...

Orang sukses tak selalu orang yang pintar, tapi orang sukses adalah mereka yang gigih dan pantang menyerah
(Ari Wahyu Wibowo 1B)

Rani Tamara mengatakan...

Masyaa Allah, selamat pak naka atas keberhasilan nya. Melalui kata-kata yang di tulis bisa membawa bapak sampai keluar negri
Subhanallah, perjalanan cerita yang sudah bapak tulis membuat saya termotivasi
Semoga pak naka dan keluarga selalu dilindungi oleh Allah ta'ala
Aamiin

Rani Tamara 1B 19410107

Hendriansyah Restu Omanda mengatakan...

Selamat pak Naka, atas keberhasilannya ,tulisan bapak memotivasi kita agar terus berjuang dan berusaha lebih giat lagi
(Hendriansyah Restu Omanda 1B 19410086)

Naimatul Khamidah mengatakan...

Keberhasilan akan menghampiri siapa saja asalkan ia mau berusaha, tidak memandang apakah orang itu berasal dari kota ataupun desa,orang kaya ataupun miskin. Yang terpenting harus terus berusaha,berdoa dan tidak mudah menyerah. Terimakasih pak, cerita bapak sangat menginspirasi

(NAIMATUL KHAMIDAH IB)

AYU AULA RISKIYANI mengatakan...

Pak naka sangat menginspirasi dengan kerja keras nya, saya juga dari desa yang mayoritas anak lulus SMA jarang sekali melanjutkan ke perkuliahan, saya melanjutkan kuliah juga tidak sedikit tetangga meremehkan kata nya kuliah atau tidak paling sama saja kalau perempuan pasti akan menjadi ibu rumah tangga, berkat postingan pak naka ini saya akan membuktikan ke tetangga saya jika kita belajar sungguh sungguh dan bekerja keras jangan lupa juga untuk berdoa pasti apa yang kita cita cita kan bisa terwujud, dalam bahasa Jawa sering di sebut "nek nandur bakal ngunduh"
(Ayu Aula Riskiyani 1B 19410096)

Mega Lusviyani mengatakan...

Perbedaan antara orang yang berhasil dan pecundang bukan terletak pada kekuatannya, Bukan juga pada pengetahuannya.akan tetapi pada kemauanya.
Keberhasilan di peroleh dengan kesungguhan niat, kegigihan berusaha dan kesabaran berdoa
Selamat untuk impian pak naka, semoga pak naka berhasil mencapai jenjang karir yang semakin meninggi dari waktu ke waktu.

(Mega Lusviyani,1B PBSI,19410097)

Naimatul Khamidah mengatakan...

Keberhasilan akan menghampiri siapa saja asalkan ia mau berusaha, tidak memandang apakah orang itu berasal dari kota ataupun desa,orang kaya ataupun miskin. Yang terpenting harus terus berusaha,berdoa dan tidak mudah menyerah. Terimakasih pak, cerita bapak sangat menginspirasi

(NAIMATUL KHAMIDAH 1B 19410069)

Fita Dwi Damayanti mengatakan...

sebuah tulisan yang sangat menginspirasi bagi saya, memang hidup itu adalah sebuah pilihan, sukses atau tidaknya ditentukan dari diri kita masing-masing, maka kembali lagi ke diri kita mau memilih jalan yang mana, jika ingin menuai kesuksesan maka berusahalah mulai sekarang, bekerja keraslah untuk apa yang ingin kita capai tidak ada kata tidak mungkin selama kita mau berusaha, karena sebuah kesuksesan tidak ada yang instan, semua memerlukan proses dan sebuah pengorbanan yang tidak mudah. Selamat dan sukses untuk pak naka, tulisan bapak sangat menginspirasi saya.
(Fita Dwi Damayanti 1B 19410068)

metodemembacaluhurkinasih mengatakan...

Saya juga memiliki impian masa kecil yang saya anggap mustahil waktu itu pak, saya ingin keliling Eropa. Dengan kerja keras saya sendiri, untung-untung bisa seperti bapak bekerja sambil traveling. Tulisan bapak sangat menginspirasi saya sekali. Bahwa selama kita berusaha dan diiringi doa, semua tidak ada yang mustahil. Mulai saat ini, saya bertekad bahwa pasti suatu saat saya bisa mencapai mimpi saya waktu kecil. Bahwa semua bukan mustahil.
(Luhur Kinasih Nitis Utami, 19410110, 1B)

Fina Karimatun Nafis mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Fina Karimatun Nafis mengatakan...

Begitu banyak cerita dan lika-liku hidup yang orang lewati, tapi semua itu adalah sebuah proses kehidupan seperti halnya cerita yang Pak Naka tuangkan dalam kata-kata yang indah dan membuahkan hasil yang indah pula. Cerita tentang perjalanan Pak Naka dari kecil yang tinggal di desa yang terpencil dan tertinggal dan kini Pak Naka bisa berpergian dengan modal kata-kata yang menginspirasi banyak orang, membuat saya sangat yakin bahwasanya sebuah perjuangan tak dinilai darimana kita berasal atau latar belakang sosial kita tapi dari pembuktian usaha dan doa yang kita panjatkanlah yang membuat kita menjadi seseorang yang sukses.
(Fina Karimatun Nafis, 1B 19410087)

Unknown mengatakan...

Kata adalah hal yang terkadang di anggap sepele.Tetapi memiliki makna yang begitu luas jika di buat dalam sebuah tulisan yang sederhana tetapi memiliki makna yang luar biasa.Sehingga membuat sesuatu yang tak mungkin menjadi mungkin.semangat Pak Naka

Febronia Golu Baluk.1B.(19410102)

Nadila aurora mengatakan...

Selamat pak Setia Naka Adrian atas keberhasilannya, alhamdulilah apa yang sudah dicita-citakan oleh pak Naka telah terwujud. Terimakasih bapak telah memotivasi saya untuk mengenal lebih dalam apa itu kata-kata. Semoga ilmu yang bapak raih bisa bermanfaat bagi banyak orang. Sukses selalu pak, semoga pak Naka bisa bertualang ketempat lainnya. Aamiin.
(Nadila Aurora p.p 1B . 19410113)

Pramesthi mengatakan...

Assalamualaikum Pak Naka, sebelumnya selamat atas keberhasilnya dan semoga karya Anda semakin dikenal oleh orang banyak pula. Aamiin



(Pramesthi Ode 1B)

Nia Baluk mengatakan...

Ketika semua dilakukan dengan berdoa dan berusaha,percayalah bahwa Tuhan tidak pernah tidur.Tuhan selalu melihat apa yang kita lakukan dan mendengar semua doa kita dan segala harapan kita.Untuk Pak Naka,bermimpilah lebih tinggi lagi untuk meraih apa yang menjadi harapan dan impian Bapak.semoaga Bapak menjadi inspirasi saya untuk terus maju dan terus berjuang sampai meraih harapan dan impian saya.Terima kasih Pak Naka.


(FEBRONIA GOLU BALUK.1B.NPM:19410102)

Eva Ristanty Nur Awaly mengatakan...

Ucapan adalah doa, jika kita bermimpi mau berusaha dan berdoa pasti keinginan kita berhasil, menentukan sukses atau tidak semua tergantung dengan diri kita masing-masing.

(eva ristanty nur awaly, 1B, 19410085)

SITI ZANUBA CHOIRIYAH mengatakan...

Terlahir dari kata "manusia" . Kita adalah segumpal tanah yang diberi nyawa oleh Allah, diberi akal untuk berfikir dan diberi hati untuk mengasihi. Serta kita diberi waktu yang sama 24 jam untuk melakukan banyak hal dan berproses, hanya saja cara kita berbeda. Ada yang gigih dalam 24 jam penuh, ada juga yang hanya memanfaatkan setengahnya saja. Mungkin Pak Naka adalah orang-orang yang berjiwa gigih, yang memanfaatkan waktu itu sebaik mungkin. Hingga apa yang bapak inginkan satu per satu tersampaikan. Ini adalah bentuk kegemaran yang menghasilkan kebahagiaan. Melalui kaya kata yang bapak torehkan dapat membuat hati pembaca berdesir, mengerti dan paham jika pembuktian itu benar benar dibutuhkan dalam hidup. Selama kita mencintai hal itu dengan tulus, maka ketulusan itu yang akan membawa kita pada jurang keberhasilan. Seperti pak Naka yang memang mencintai dunia kata, maka jurang yang bapak tapaki kali ini benar benar dipenuhi dengan rasa cinta dan suka terhadap kata kata. Semoga kata kata yang bapak tulis pula menjadikan kebaikan dan menjadikan jalan kemudahan bagi urusan dunia dan akhirat bapak. Aamiin
Terima kasih dari saya pribadi, karena bapak telah memberikan cambukkan bagi saya bahwa dunia bisa ditaklukan dengan kata kata. Semoga nantinya, kata kata yang saya tulis pun membawa saya pergi ke negeri impian saya. Allahumma Aamiin
Sukses selalu bapak, Barakallah :)

( Siti Zanuba Choiriyah 1B 19410095)

Sukmaragilputra.blogspot.com mengatakan...

Tidak ada yang tau apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang. Hal-hal yang sebelumnya belum atau bahkan tidak pernah kita pikirkan bisa saja menjadi sesuatu yang paling penting bagi kehidupan kita saat itu. Dari masa kecil pak Naka yang merupakan anak desa yang bersekolah di sekolah yang tertinggal pada waktu itu kini telah berhasil membuktikan bahwa keadan tidak akan mempengaruhi masa depan asalkan ada perjuangan dan tekat yang kuat untuk bisa bertumbuh. Semoga Tuhan selalu memberkati dan melindungi pak Naka dimana pun pak Naka berada. GBU

(Sukma Ragil Putra 1B, 19410118)

RISTA HELMALIA PUTRI mengatakan...

Keberhasilan dalam menciptakan sebuah karya tidak bisa di dapatkan secara instan perlu banyak belajar dan ketekunan dalam mengerjakannya. Saya ucapkan selamat atas keberhasilanya pak naka, karyamu sangat menginspirasi banyak orang termasuk saya.
( RISTA HELMALIA PUTRI, NPM 19410071

Ellytadew mengatakan...

Semesta memang tak selamanya baik terhadap kita,namun jika kita terus berusaha tuk berdamai dengannya maka semesta pun akan berteman baik dengan kita.
Semangat untuk meraih cita-cita memang terkadang sempat menjadi sangat layu namun jika kita terus berusaha untuk menyirami semangat itu maka kesuksesan pun akan bersama kita.
Saya bangga terhadap Pak Naka,dan semoga saya bisa mengikuti jejak Pak Naka,aaammmiiinnn. :)
Ellyta Dewi (1B)

Fernando arif mengatakan...

Apapun yang ada di pikiran dan hati kita utarakan dengan menulis, susah, senang, bahagia utarakan saja sebagaimana kita bercerita kepada seorang sahabat, siapatau hasil tulisan2 kita bisa membawa manfaat bagi pembaca ya dan diri kita sendiri, seperti pak naka yg hasil karyanya membuahkan hasil yang manis dan penuh manfaat, intinya apapun yang kau inginkan cobalah dan jangan takut gagal, jatuh, ataupun salah.. Tetap mencoba dan terus mencoba

Nathania Bunga Azalea mengatakan...

Selamat untuk Pak Naka atas keberhasilannya. Tentu sangat memotivasi kami para pembaca,terutama saya pribadi. Keberhasilan memang tidak diukur dari mana tempat kita tinggal dan dari keluarga siapa kita berasal. Semua tergantung dari usaha dan doa dari masing masing. Sukses selalu untuk Pak Naka, semoga kami bisa mendapatkan rejeki dari Allah untuk bisa menjadi seorang yang besar seperti bapak.

(Nathania Bunga Azalea 1B)

Dyah Wiyati Kusumaningtyas mengatakan...

Sangat termotivasi dari kisahnya pak,ternyata menulis yang jika dilihat sederhana bisa membawa seseorang untuk meraih mimpi-mimpinya.

Dyah Wiyati Kusumaningtyas (1B)

Ahmad Peri Edi Siswanto mengatakan...

Saya belajar dari kisah Pak Naka, pada masa kecil nya yang tergolong orang biasa-biasa saja tetapi sekarang menjadi seorang yang telah dikenal oleh banyak orang dan merintis karir sampai ke Belanda. Dari kisah beliau tersebut saya belajar bahwa, sukses bukanlah kebetulan. Ia terbentuk dari kerja keras ketekunan, pembelajaran, dan pengorbanan.

(Ahmad Peri Edi Siswanto 1B, 19410081)

Ahmad Peri Edi Siswanto mengatakan...

Saya belajar dari kisah Pak Naka, pada masa kecil nya yang tergolong orang biasa-biasa saja tetapi sekarang menjadi seorang yang telah dikenal oleh banyak orang dan merintis karir sampai ke Belanda. Dari kisah beliau tersebut saya belajar bahwa, sukses bukanlah kebetulan. Ia terbentuk dari kerja keras ketekunan, pembelajaran, pengorbanan.

(Ahmad Peri Edi Siswanto 1B, 19410081)

Friska Rahmaningrum mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Friska Rahmaningrum mengatakan...

Selamat Pak Naka atas keberhasilan dengan pencapaian yang tidak terduga ,hanya sebuah kata-kata dan tulisan menghasilkan sebuah karya tulis disertai dengan tekat yang tinggi,usaha dan kerja keras mampu mengantarkan Bapak berkeliling dalam negeri maupun luar negeri.Memang benar,semuanya tidak ada yang tidak mungkin,impian Pak Naka dengan latar belakang yang terbilang sederhana dan jauh dari kata mewah justru bisa menjadi Pak Naka yang seperti ini.Semoga karya dan cerita bapak terus menginspirasi semua orang termasuk saya.Sukses dan terus berkarya Bapak .
(Friska Rahmaningrum 1B)

Anonim mengatakan...

Selamat untuk Pak Naka, atas karyanya yang sudah membawa hasil dan pengalaman manis tentunya. Sangat memotivasi saya untuk bisa menjadi seperti Bapak :)

(Fridha Rizki Mardiana 1B)

Fridha Rizki mengatakan...

Selamat untuk Pak Naka, atas karyanya yang sudah membawa hasil dan pengalaman manis tentunya. Sangat memotivasi saya untuk bisa menjadi seperti Bapak :)

(Fridha Rizki Mardiana 1B)